Assalamu’alaikum wr. wb.

BAZNAS Kota Depok mengadakan kegiatan Distribusi Dana Zakat Bulan Januari 2017 kepada para mustahik di Kota Depok. Kegiatan ini akan menjadi langkah awal bagi pimpinan dan amil pelaksana BAZNAS Kota Depok periode 2016-2021, dengan semangat dan kinerja baru dengan visi menjadi “Lembaga Zakat Unggul dan Terpercaya”

Distribusi dana Layanan Mustahik (LM) akan ditingkatkan peran strategisnya sehingga bukan saja menjadi lembaga yang menyantuni (charity) namun juga memberdayakan (empowerment) masyarakat.

Pada kesempatan ini, BAZNAS Kota Depok menyalurkan dana zakat kepada para mustahik yang membutuhkan dalam beberapa kategori, yakni:

  1. Pendidikan 8 orang
  2. Modal usaha 3 orang
  3. Hutang-piutang 3 orang
  4. Kesehatan 2 orang
  5. Kebutuhan hidup 3 orang

Ke-17 orang ini mendapatkan bantuan setelah melewati beberapa prosedur sebagai berikut:

  1. Penilaian kebutuhan (need assessment)
  2. Pemenuhan indikator mustahik
  3. Kunjungan ke lokasi (visitasi)
  4. Pendampingan dengan strategi swabantu (self-help) dalam penguatan dan pemberdayaan mustahik

Distribusi dan pendayagunaan dana zakat ini telah berlangsung dan menyentuh mustahik seluruh kecamatan di Kota Depok, yang pada kesempatan ini diwakili oleh 4 kecamatan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi BAZNAS Kota Depok dalam meningkatkan transparansi pengelolaan dana zakat, serta turut berkontribusi dalam pembangunan Kota Depok demi tercapainya visi Kota Depok “Unggul, Nyaman dan Relijius.”

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Depok, 18  Rabi’ul Akhir   1438

16   Januari              2017

 

KETUA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA DEPOK

 

 

  1. ENCEP, M.A.

Leave a Comment