depok.go.id || Bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Wali Kota Depok Mohammad Idris resmi melantik Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tingkat Kota Depok periode 2016-2021 Encep Hidayat. Sebelumnya posisi ini diduduki oleh Aceng pada periode 2011-2016.

“Saya berharap dengan Ketua Baznas Kota Depok yang baru ini, dapat memberi pemahaman kepada kita semua khususnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mengelola zakat, infaq dan sedekah. Terlebih mengenai persamaan persepsi khusus zakat profesi, karena zakat profesi ini masih menjadi perdebatan dan masalah kontemporer,” ujar Wali Kota, Kamis (27/10/2016).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Baznas Kota Depok Encep Hidayat mengaku telah menyusun program jangka pendek untuk enam bulan ke depan, salah satunya dengan trust building. Karena menurutnya, dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok yang hampir mencapai 8.000 pegawai, menjadi potensi besar untuk memberdayakan masyarakat Kota Depok khususnya yang kurang mampu.

“Depok memiliki potensi yang besar jika kita kalkulasikan, seperti misalnya jumlah ASN sebanyak hampir 8.000, jika zakat pertahun Rp1 juta saja per ASN maka akan didapat Rp8 Miliar. Dana yang besar ini akan bermanfaat untuk memberdayakan masyarakat Depok khususnya yang tertinggal,” kata Encep.

Pendapatan dana yang dicanangkan oleh Ketua Baznas yang juga bekerjasama dengan beberapa lembaga zakat, seperti Rumah Zakat dan Zakat Sukses ini diharapkan mampu mengelola, serta mendistribusikan zakat yang diperoleh dengan baik dan tepat sasaran. Adapun dengan pengamalan zakat secara menyeluruh kepada pihak yang membutuhkan mampu menjadikan harta masyarakat Depok lebih berkah.

“Semoga dengan adanya program tersebut, menjadi momentum bersama dalam membangun pelayanan Kota Depok agar lebih baik lagi,” harap Encep seraya menutup perbincangan.

Penulis: Vidyanita

Editor: Siti Rahma dan Yulia Shoim

Diskominfo

Leave a Comment