Kamis (20/4), Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok mengundang BAZNAS Kota Depok untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi program kerja di antara keduanya. Acara diawali oleh apel bersama lingkup Sekretariat Daerah yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Depok, Bapak Ir. Harry Prihanto, M.Eng. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan acara ini sebagai langkah meningkatkan etos kerja dan menumbuhkan kesadaran berzakat ASN di lingkungan Setda.

BAZNAS Kota Depok yang diwakilkan oleh Wakil Ketua I, Ibu Dr. Rida Hesti Ratna Sari, menyampaikan sosialisasi program kerja BAZNAS Kota Depok sebagai mitra lembaga zakat Pemerintah Kota Depok. Ibu Rida menyampaikan bahwa zakat merupakan satu instrument yang dapat membantu mengentaskan kemiskinan di Kota Depok. Dalam rencana strategisnya, BAZNAS Kota Depok akan melakukan intervensi kemiskinan 1% per tahun hingga secara bertahap mustahik memiliki keberfungsian sosial, relijiusitas dan keberdayaan ekonomi, sehingga tahun ke-4 diharapkan berubah menjadi muzaki.

Bentuk intervensi kelompok miskin ini bukan dengan menjadikan mereka sebagai komoditas, namun mendayagunakan masyarakat dengan program-program pemberdayaan. Untuk itu alokasi penyaluran zakat akan menggunakan skema pemberdayaan (empowerment) sebesar 80% dan santunan (charity) sebesar 20%. Program BAZNAS Kota Depok memegang prinsip terukur, akuntabel dan transparan untuk meningkatkan kepercayaan (trust) para muzakki.

SETDA mendukung penuh program-program BAZNAZ Kota Depok dengan membuat mekanisme pembayaran zakat secara sistematis sesuai dengan prosentase pendapatan para ASN di lingkungannya. Sedangkan bagi ASN yang pendapatannya belum mencapai nishab zakat akan dikeluarkan sebagai infak.

Apa yang dilakukan SETDA dapat menjadi contoh yang baik (role model) dalam pengumpulan zakat di lingkungan OPD-OPD Kota Depok. Dengan demikian, BAZNAS Kota Depok bersama segenap aparatur Pemerintah Kota Depok dapat optimal dalam pengumpulan dan penyaluran zakat di Kota Depok dalam rangka mewujudkan Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Relijius. [rz]

 

#umatkuatkarenazakat

#kebangkitanzakat

#KotaDepok

#unggulnyamanrelijius

Leave a Comment