BAZNAS Kota Depok – Selasa (25/04), bertempat di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, BAZNAS Kota Depok melakukan sosialisasi program di hadapan pengurus harian dan alumni Program Kaderisasi Ulama (PKU) MUI Kota Depok dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat.

Pimpinan BAZNAS Kota Depok, KH. Encep Hidayat MA bersama Ust. Abdul Ghofar, S.E.I., diterima dengan hangat oleh Ust. H. Khairulloh selaku Sekretaris MUI beserta 17 hadirin dari pengurus dan alumni PKU MUI Kota Depok.

Dalam kesempatan tersebut Bapak KH. Encep, MA. menerangkan tentang pentingnya peran ulama dan asatidz untuk menjelaskan hukum dan pelaksanaan zakat yang merupakan rukun Islam kedua. Menurut beliau ada dua tema pokok yang harus dijelaskan kepada masyarakat mengenai zakat. Pertama, pemahaman bahwa pengelolaan zakat harus dilakukan oleh pengelola (amil) yang diangkat oleh pemerintah. Kedua, mengenai jenis-jenis zakat yang harus dikeluarkan oleh masyarakat. Masih ada sebagian kecil masyarakat yang baru menunaikan zakat fitrah, sedangkan zakat harta belum merasa wajib.

Hasil penelitian BAZNAS Provinsi Jawa Barat, meskipun pemerintah sudah mengakomodasi pengelolaan zakat, jika ulama dan asatidz belum aktif menjelaskan kepada umat tentang kewajiban zakat akan tetap ada kebimbangan dari masyarakat untuk menjalankan secara penuh kewajiban zakat tersebut. Untuk itu kerja sama antara Umara’ dan Ulama merupakan faktor penting dalam keberhasilan memasyarakatkan zakat di suatu kota, disamping pengelolaan amil zakat yang transparan dan profesional

Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan oleh BAZNAS Kota Depok bersama MUI Kota Depok dapat berupa pembukaan gerai zakat di gedung MUI dan kampanye-kampanye zakat yang dapat dilakukan oleh para alumni PKU dengan koordinasi dari BAZNAS Kota Depok.

Dengan acara silaturahim tersebut, semoga segera terjadi sinergi positif antara pemerintah, amil zakat dan ulama untuk menggerakkan Kebangkitan Zakat Kota Depok.[rz]

 

 

#umatkuatkarenazakat

#kebangkitanzakat

#KotaDepok

#unggulnyamanrelijius

Leave a Comment